PELATIHAN KURIKULUM 2013
DI SMK N 2 WONOGIRI
Gb. Ilustrasi Pembukaan Pelatihan Kurikulum |
Hari I
Rabu, 25 Juni 2014
Kurikulum 2013 menitik beratkan pada 4 standar dari 8 standar yang ada yaitu:
1. Standar Proses
2. Standar Isi
3. Standar Kompetensi Lulusan
4. Standar Penilaian
Dari keempat standar ini diperkirakan yang paling ribet adalah pada Standar Penilaian, terutama pada saat nanti pembuatan hasil Laporan Belajar Siswa (Raport). Ada yang mengatakan bahwa pengisian Raport nantinya di tulis dengan tangan, namun sebenarnya hal tersebut tidak ada aturan khusus / ketentuan dari Mendikbud.
Jadwal pada hari I ini,
Pukul 07.00 - 08.30 : Registrasi
Pukul 08.30 - 09.00 : Upacara Pembukaan oleh Kepala Dinas
Pukul 10.00 - 11.30 : Pre Test
Pukul 11.30 - 13.00 : Rehat
Pukul 13.00 - 15.00 : Diskusi kelompok untuk menyelesaikan Lembar Kegiatan (LK-1)
Pada LK-1 terdapat 6 butir soal yang dikerjakan dengan diskusi kelompok, materi bersumber dari Buku Materi Pelatihan Guru yang dipinjamkan kepada peserta diklat.
Adapun butir-butir soal tersebut yaitu:
1. Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Jawabannya:
Karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal.
2. Apa saja elemen perubahan dalam Kurikulum 2013?
Jawabannya:
Pukul 13.00 - 15.00 : Diskusi kelompok untuk menyelesaikan Lembar Kegiatan (LK-1)
Pada LK-1 terdapat 6 butir soal yang dikerjakan dengan diskusi kelompok, materi bersumber dari Buku Materi Pelatihan Guru yang dipinjamkan kepada peserta diklat.
Adapun butir-butir soal tersebut yaitu:
1. Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Jawabannya:
Karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal.
2. Apa saja elemen perubahan dalam Kurikulum 2013?
Jawabannya:
a. Perubahan
pada Kompetensi Lulusan
b. Perubahan pada materi pembelajaran
c. Perubahan Pada proses pembelajaran
d. Perubahan pada penilaian
3. Bagaimana strategi
implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
Jawabannya:
Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
4. Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013?
Jawabannya:
5. Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Jawabannya:
6. Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Jawabannya:
Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
4. Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013?
Jawabannya:
Perbedaan kuriklum 2006 dan kurikulum
2013:
Kurikulum 2006:
1. Belum sepenuhnya menekankan pendidikan
karakter.
2. Belum menghasilkan keterampilan sesuai
kebutuhan.
3. Pengetahuan-pengetahuan lepas
Kurikulum 2013:
1. Berkarakter mulia
2. Keterampilan yang relevan
3. Pengetahuan-pengetahuan
terkait. 5. Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Jawabannya:
Pendekatan:
Pendekatan
saintifik atau keilmuan yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam
mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilan dan juga mendorong siswa untuk
melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta.
Dengan menggunakan
model-model Pembelajaran:
1. Project
Based Learning (berbasis proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran). Dalam
kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi dan sintesis
informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar.
2. Problem
Based Learning (berbasis pemecahan masalah)
3. Discovery Learning (berbasis
penyingkapan/penelitian masalah)6. Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Penilaian
pembelajaran dalam kurikulum 2013 meliputi:
1. Penilaian
spiritual
2. Penilaian sosial
3. Penilaian
pengetahuan
4. Penilaian keterampilan Dan pada akhirnya acara untuk hari pertama dalam Pelatihan Kurikulum 2013 ini berakhir pada dengan acara kesimpulan yang disampaikan oleh fasilitator mengenai materi pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.
0 komentar