Rabu, 25 Juni 2014

PELATIHAN KURIKULUM 2013

PELATIHAN KURIKULUM 2013

DI SMK N 2 WONOGIRI

Gb. Ilustrasi Pembukaan Pelatihan Kurikulum


Hari I
Rabu, 25 Juni 2014


Kurikulum 2013 menitik beratkan pada 4 standar dari 8 standar yang ada yaitu:
1. Standar Proses
2. Standar Isi
3. Standar Kompetensi Lulusan
4. Standar Penilaian

Dari keempat standar ini diperkirakan yang paling ribet adalah pada Standar Penilaian, terutama pada saat nanti pembuatan hasil Laporan Belajar Siswa (Raport). Ada yang mengatakan bahwa pengisian Raport nantinya di tulis dengan tangan, namun sebenarnya hal tersebut tidak ada aturan khusus / ketentuan dari Mendikbud. 

Jadwal pada hari I ini,
Pukul 07.00 - 08.30 : Registrasi
Pukul 08.30 - 09.00 : Upacara Pembukaan oleh Kepala Dinas
Pukul 10.00 - 11.30 : Pre Test
Pukul 11.30 - 13.00 : Rehat
Pukul 13.00 - 15.00 : Diskusi kelompok untuk menyelesaikan Lembar Kegiatan (LK-1)

Pada LK-1 terdapat 6 butir soal yang dikerjakan dengan diskusi kelompok, materi bersumber dari Buku Materi Pelatihan Guru yang dipinjamkan kepada peserta diklat.

Adapun butir-butir soal tersebut yaitu:
1. Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Jawabannya:

Karena adanya berbagai tantangan yang dihadapi, baik tantangan internal maupun tantangan eksternal. 

2. Apa saja elemen  perubahan dalam Kurikulum 2013?
Jawabannya:


a. Perubahan pada Kompetensi Lulusan
b. Perubahan pada materi pembelajaran
c. Perubahan Pada proses pembelajaran
d. Perubahan pada penilaian


3. Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
Jawabannya:

Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan. 

4.  Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013?
Jawabannya:


Perbedaan kuriklum 2006 dan kurikulum 2013:
Kurikulum 2006:
1.    Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter.
2.    Belum menghasilkan keterampilan sesuai kebutuhan.
3.    Pengetahuan-pengetahuan lepas

Kurikulum 2013:
1.    Berkarakter mulia
2.    Keterampilan yang relevan
3.    Pengetahuan-pengetahuan terkait.

5. Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam  Kurikulum 2013?
Jawabannya:


Pendekatan:
Pendekatan saintifik atau keilmuan yang dapat menjadikan siswa lebih aktif dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilan dan juga mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan guna menemukan fakta-fakta.

Dengan menggunakan model-model Pembelajaran:
1. Project Based Learning (berbasis proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran). Dalam kegiatan ini, siswa melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi dan sintesis informasi untuk memperoleh berbagai hasil belajar.
2. Problem Based Learning (berbasis pemecahan masalah)
3. Discovery Learning (berbasis penyingkapan/penelitian masalah)

6. Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?


Penilaian pembelajaran dalam kurikulum 2013 meliputi:
1. Penilaian spiritual
2. Penilaian sosial
3. Penilaian pengetahuan
4. Penilaian keterampilan

Dan pada akhirnya acara untuk hari pertama dalam Pelatihan Kurikulum 2013 ini berakhir pada dengan acara kesimpulan yang disampaikan oleh fasilitator mengenai materi pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan.

Load disqus comments

0 komentar