Senin, 01 Januari 2018

Jobsheet 8 DESAIN UNDANGAN


Contoh Surat Undangan/Ulem
















Untuk mendesain Undangan / Serat Ulem (bahasa Jawa), ikuti langkah-langkah berikut:
1. Pertama-tama silahkan anda buka CorelDRAW X5. Setelah anda masuk di CorelDraw buat objek kotak menggunakan Rectangle tool pada Toolbox.
 
2. Lalu anda duplikat kotak tersebut dengan cara Duplikasi (Ctrl+D). Setelah itu pilih salah satu objek kotak kemudian tekan Shift sambil Drag kedalam sehingga kotak tersebut lebih kecil dari kotak yang satunya.
 

3. Beri warna abu-abu pada kotak luar dan anda beri warna putih pada Outline atau Garis kotak yang berada di dalam.
 

4. Selanjutnya Import (Ctrl + I) foto Pre Wedding dari si pemeran undangan yang akan dikerjakan. Lalu atur posisi foto sesuai keinginan.
 

5. Pada foto yang di-import tadi, beri sedikit efek transparan pada sisi kanan agar terkesan tidak terpotong melainkan bisa terkesan menyatu.
 

6. Silahkan pilih kotak yang lebih kecil, dan pada Toolbox pilih Shape tool kemudian geser node pada salah satu pojok kotak dan pada Property Bar silahkan anda pilih Scalloped corner.
Buatlah kotak kecil untuk penempatan nama dan ketik teks sesuai dengan keinginan. Atur penempatan teks tersebut sesuai dengan keinginan (lihat contoh), sesuaikan juga dengan font yang akan anda gunakan.
 

7. Selesai
Maka hasilnya kurang lebih akan seperti gambar dibawah ini. 

         
Latihan:  
Sebagai bahan berlatih, buatlah desain bagian dalam dan belakang dengan data-data Anda sendiri! Berilah background yang sesuai, jika perlu lihatlah contoh undangan/ulem yang ada di rumahmu. Desain bagian belakang biasanya berisi denah lokasi.

^_^ Selamat Mengerjakan ^_^ 
Load disqus comments

0 komentar